Kamis, 28 Mei 2015

Guru Asli Jepang


AKA 1 dan Minami Jepang

Betapa senangnya para siswa-siswi bisa belajar bahasa Jepang, bersama Guru Asli Asal Jepang.
Kedatangan mahasiswa Yokohama National University ke Indonesia memang telah ditunggu-tunggu oleh para Siswa dan Guru SMK Gondang. Rabu (4/09/2013).  Suatu kehormatan besar bagi SMK Gondang mendapat kunjungan dari Perguruan Tinggi ternama Jepang, yakni dengan datangnya mahasiswa bernama Minami Tajima yang didampingi oleh mbak Pita dari Dejavato Foundation.

Laporan : Ahmad Zidni
Kedatangan tamu dari luar negeri ini bukan yang pertama kali, bagi siswa SMK Gondang. Sebelumnya sekolah yang berlokasi di Kampus Pendidikan Gondang Kecamatan Wonopringgo Pekalongan  ini juga dikunjungi mahasiswa dari Jepang lainnya.
Namun kedatangan kali ini lebih dikatakan istimewa. Karena kedatangan mahasiswa Jepang, bisa menjadi akses pembuka bagi SMK Gondang untuk lebih dikenal di kancah Internasional salah satunya lewat potensi, prestasi dan kualitas yang dimiliki para pelajarnya. Salah satu harapan Minami “I hope people of SMK Gondang become interested in Japan”.
Nama Program yang dijalani oleh Minami Tajima, 4-27 September 2013, melalui Dejavato Foundation adalah ‘Indonesia volunteer program’. Dejavato Foundation merupakan salah satu organisasi non pemerintah yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, perdamaian dunia, solidaritas antar negara serta menghormati adat budaya negara lain melalui kegiatan kerelawanan.
“Kami menyambut baik dan ucapkan selamat datang untuk Minami Tajima yang telah hadir di SMK Gondang. Semoga ini bisa menjadi akses dan motivasi bagi siswa kami khususnya SMK Gondang untuk lebih tertarik menekuni bahasa Jepang,” kata Kepala  SMK Gondang Tarto Raharjo, S.T. kepada tim pengisi website SMK.Yayasan-Gondang.com
Tujuan utama Minami Tajima sebagai relawan adalah menjadi 日本語教師アシスタント(Nihongo kyōshi ashisutanto = asisten guru bahasa Jepang) di SMK Gondang. “I would like to study Indonesian language and culture” kata Minami Tajima. Dengan adanya interaksi antara Minami dan Siswa SMK Gondang akan terjadi pertukaran informasi budaya Jepang dan Indonesia.
“There are differences beetwen Indonesia and Japan,  I got surprised that the time the school starts, is much earlier than in Japan. First, I get up at 05:15 in Indonesia, although I usually get up at 07:30 in Japan. Second, setiap pagi berdo’a di pagi hari bersama, di Jepang tidak ada kegiatan do’a bersama setiap paginya. Itu membuat saya terkesan” ungkap Minami dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, walau masih pelan tetapi sudah lumayan lancar dan bagus.
Menggunakan bahasa campuran Bahasa Inggris dan Jepang. Ternyata hal itu tidak menjadi kendala bagi para pelajar SMK Gondang yang tergabung dalam ekstrakurikuler Bahasa Jepang bersama guru-gurunya. Karena mayoritas dari mereka juga menguasai Bahasa Jepang maupun Bahasa Inggris. Karena di SMK Gondang para pelajarnya diberikan bahasa tambahan Jepang, Inggris dan Mandarin.
Ketika ditanya tentang kesan di SMK Gondang, Minami  mengatakan “Students and teachers are very cheerful and kind, I enjoy going to SMK Gondang”. Dengan demikian SMK Gondang diuntungkan dengan adanya manfaat yang melekat pada siswa SMK Gondang antara lain :
  1. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Jepang.
  2. Dapat bertukar kebudayaan antara Minami dengan siswa SMK Gondang.
  3. Membantu dalam pengajaran bahasa Jepang.
  4. Dapat membantu SMK Gondang dalam menyalurkan siswanya untuk bekerja di Jepang.
SMK Gondang telah didatangi guru berasal dari Jepang sebanyak 3 (tiga) kali dalam 2 (dua) tahun pelajaran ini tepatnya satu setengah tahun atau 3 semester.
Kanami HaradaYang pertama guru Jepang bernama Kanami Harada (https://www.facebook.com/kanami.harada.94) ,
Alamat : Ibaraki-shi, Osaka, Japan
  • Pendidikan : 関西学院大学 / Kwansei Gakuin University.
  • .
Sho SatoYang kedua guru Jepang bernama Sho Sato (https://www.facebook.com/shooow.310)
Alamat : Osaka-shi, Osaka, Japan
Pendidikan : 関西外国語大学 atau Kansai Gaidai University.
.
Minami dan AdeYang ketiga guru Jepang bernama Minami Tajima (https://www.facebook.com/minami.tajima.16)
Alamat : Sagamihara-shi Kanagawa Japan
Pendidikan : 横浜国立大学 Yokohama National University  Yokohama-shi, Kanagawa, Japan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar